Selasa, 01 September 2009

Twitter Bantu Perkaya Kosakata

Bermain situs jejaring sosial seperti Twitter ternyata memang sangat banyak manfaatnya. Selain membantu menyebarkan informasi, kalimat yang dituliskan para pengguna, sangat membantu dalam memperkenalkan ratusan kata baru.
Editor kamus bahasa Inggris populer Collins English Dictionary Ellain Higgleton mengaku, telah menambahkan sekira 267 kata baru, termasuk kata 'tweet' yang dahulu tak lebih didefinisikan sebagai bunyi suara burung.
Higgleton terutama sangat mengapresiasi para generasi muda yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam bersosialisasi dan menyebarkan informasi di dunia maya.

"Hal ini membuat mereka cenderung mengekspresikan diri mereka dalam bahasa sehari-hari yang tidak pernah diguanakan pada percakapan secara langsung," kata Higgleton, seperti dikutip dari Telegraph, Senin (31/8/2009).

Sebagai konsekuensinya, kata-kata seperti 'hmm' dan 'heh' kini masuk dalam entri kamus bahasa. Begitu juga dengan kata lain seperti 'mmuah' yang menggambarkan ciuman hangat, atau kata semisal 'cih' yang menandakan pencelaan.

Hasil kekayaan bahasa tak hanya disumbangkan oleh generasi muda saja, peristiwa yang tengah terjadi seperti resesi ekonomi dan keadaan lingkungan hidup juga turut menyuburkan lahan kosakata.

Namun Higgleton menekankan, kata-kata seperti itu tidak akan tercantum selamanya di kamus. Karena suatu hari nanti, kata tersebut akan digantikan dengan kata baru yang muncul sesuai dengan perkembangan bahasa dan peristiwa yang terjadi.

Sumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar


Copyright 2009 Muhammad Reza. Powered by Blogger